Halaman

Selasa, 29 Mei 2012

Ayo, Mengenal Kamera DSLR Lebih Dalam???


Jika kita mengaku menyukai yang namanya fotogrfi dan kita mau menjadi seorang fotografer yang handal maka kita diwajibkan untuk mengetahui secara detail bagian-bagian yang ada di dalam camera. Pada zaman yang semakin maju ini dan yang sedang hot-hot-nya banyak dibicarakan dan banyak dipakai oleh seorang fotografer yang handal maupun masih amatiran yaitu camera DSLR.
Mari kita kenal lebih dalam camera DSLR dari bagian per bagian:

A. Front side

1.Lensa
Bagian inilah yang merupakan kelebihnya DSLR, zoom dan fokus bisa kita atur secara manual (walaupun otomatis juga bisa). Kita juga bisa mengubah jenis-jenis lensa sesuai kebutuhan kita, misalnya : Clasic Lense, Fishe eye Lense, Super Wide angel lense dan sebagainya. Tapi ingat setiap DSLR dan lensa memilik perbedaan mount, jadi kalau kita ingin membeli lensa pastikan size mount kamera dan lensanya sama, dan ingat juga biarpun ukuran mount sudah sama belum tentu juga cocok, maka itu perlu teliti sebelum membeli.

2. Grip
Grip adalah bagian menonjol dibagian kanan kamera yang berfungsi sebagai pegangan kamera supaya kita bisa memegangnya dengan kuat. Di dalam Grip terdapat batere kamera.

3. Shutter & Dial
Tombol shutter berguna untuk mengambil bidikan sedangkan tombol dial berfungsi untuk mengatur kecepatan aperature (diafragma).

4. Tembol Lensa
Fungsinya untuk memisahkan kamera dari lensa dan menahan beban lensa saat menyatu dengan kamera DSLR.

5. Shut Mode Button
Atau yang biasa disebut tombol modus pemotretan, berguna untuk mengatur mode-mode pemotretan yang kita inginkan.

 6. Built in Flash Light
Merupakan lampu flash internal, lumayan digunakan penerangan tapi jeleknya hanya bisa menghadap ke satu arah.

B. Back Side

1. Viewfinder
Viewfinder merupakan istilah lain dari jendela bidik. Jadi, apapun output yang kita lihat akan sama hasilny jika dilihat via viewfinder atau LCD. Di viewfinder ini juga terdapat informasi-informasi seputarkecepatan rana, titik fokus, histogram dan sebagai nya. Nah dibagian viewfinder ada bantalan karet sebagai penahan mata yang disebut eye piece, fungsinya untuk menahan cahaya yang masuk ke viewfinder supaya objek benar-benar real.

2. Monitor LCD
Monitor LCD disini berfungsi menjadi 3 fungsi. Pertama yang sudah pasti adalah fungsi nnya untuk melihat hasil gambar yang sudah kita ambil. Kedua, fungsinya untuk melihat info-info dan setingan pada kamera. Dan yang terakhir adalah sebagai fungsi Live View. Feature Live View fungsinya sama seperti viewfinder yang berfungsi sebagai alat melihat objek yang kita bidik.

3. Tombol Navigasi
Fungsinya untuk mengendalikan seting kamera & membantu kita melihat photo yang sudah diambil. Tiap DSLR berbeda-beda dalam menampilkan fitur ini. Ada yang berbentuk scroll (yang ada di gambar), bentuk analog & tombol 4 arah biasa. Namun yang gue pakai buat contoh ini adalah yang versi tombol 8 arah di Sony Alpha 300 guys.
4. Tombol AV (Exposure Compensation)

Fungsinya untuk mengatur kompensasi pencahayaan.

5. Tombol Fn
Merupakan salah satu tombol pengaturan menu, bisa digunakan untuk seting white balance & Matering etc.

6. Tombol Zoom
Fungsinya bukan untuk meng-Zoom gambar pada saat kita membidik via viewfinder or LCD loh guys. Tapi disini berfungsi untuk meng-Zoom Out/In foto yang sudah kita ambil di tampilan LCD.

7. Tombol Anti Goyang
Atau yang biasa disebut dengan istilah AntiShake Button.

8. Tombol Play
Untuk merubah dari mode siap potret ke mode preview.

9. Tombol Power

10. Tombol Hapus

C. Side View

1. Tilt LCD
Nah, fitur inilah yang mau gue tampilin. Tilting LCD merupakan fitur penekukan LCD supaya bisa lebih fleksibel ketika kita mengambil foto dalam posisi sudut pandang atas, sudut pandang sejajar dan juga sudut pandang bawah.

2. Slot Memory Card
Fungsinya untuk menaruh Memory Card.

3. Dioptri Scroll
Fungsinya untuk menyesuaikan pandangan di viewfinder pengguna SLR yang mempunyai gangguan dioptri pada matanya.

4. HotShoe
Fungsinya adalah sebagai dudukan external flash.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar