Halaman

Minggu, 10 Juni 2012

Jenis-Jenis Feature


Berdasarkan sifat isinya feature dibedakan menjadi:
a.      Bright:
Bright adalah tulisan pendek yang kaya akan muatan human interest, biasanya bercerita tentang suatu kejadian dan dapat ditulis sangat pendek, antara 100 kata dan 250 kata.
b.      Profile atau sketsa pribadi:
Profile atau sketsa pribadi adalah cerita tentang seseorang. Sebagaimana halnya sketsa, feature bukanlah gambar yang lengkap. Mungkin feature hanya bercerita tentang karier orang yang menjadi tokoh cerita, pengalamnnya atau tentang hobby orang bersangkutan, percintaan dan segi lain dari tokoh tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah “gangguan” simpati atau antipati  si penulis dengan tokoh cerita.
c.       Pengalaman Pribadi:
Feature pengalamn pribadi adalah cerita yang isinya pengalaman yang dirasakan sendiri oleh penulis. Pengalaman yang layak sebagai feature hendaknya tidak bersifat “biasa-biasa” saja tetapi “berbeda” walaupun tidak perlu pengalaman yang luar biasa.
d.      Feature yang memperkenalkan sesuatu:
Feature yang memperkenalkan sesuatu adalah artikel pendek yang ditulis untuk tujuan memperkenalkan sesuatu (bukan manusia) kepada pembaca.
e.       Feature yang mengajarakan sesuatu:
Feature yang mengajarakan sesuatu adalah tulisan yang memaparkan hal-hal yang berupa persiapan, peralatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mengerjakan dan bahkan membuat sesuatu.
f.       Artikel ilmiah popular:
Feature jenis ini adalah tulisan yang menceritakan suatu masalah dengan menggunakan sumber-sumber ilmiah, seperti: buku, hasil penelitian atau paper seminar sebagai referensi.
g.      Feature sejarah:
Feature jenis ini adalah kisah pendek yang mengungkapkan kembali peristiwa bersejarah yang “jauh” dari ingatan pembaca pada suatu saat, tapi tanpa disertai analisi.
h.      News feature:
News feature “berjalan mengiringi” berita (news) yang tengah actual pada suatu waktu. Hard news melaporkan kejadian yang muncul dan berkembang dalam masyarakat pada suatu saat. News feature mencoba membuka background masalahnya agar pembaca mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dengan memaparkan jawaban how dan why lebih dari yang dipaparkan hard news. Dengan kata lain, news feature menyodorkan fakta yang membuat orang mengerti duduk perkara suatu berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar