Halaman

Jumat, 08 Juni 2012

Cara Membuat Tulisan yang Menarik Pembaca


Untuk memikat pembaca maka seorang penulis harus mempunyai sesuatu yang berbeda dari penulis lain yaitu teknik menulis. Salah satu hal yang penting dalam teknik menulis ialah menggayakan tulisan. Ada beberapa macam cara untuk itu, antara lain:
a.      Cara menyusun tulisan:
Suatu tulisan dapat disusun secara kronologis, piramida terbalik, kilas balik (delayed drop) dll.
b.      Merangsang rasa kepanasaran:
Teknik menyusun tulisan dengan delayed drop dan delayed-delayed drop juga merupakan upaya untuk merangsang rasa penasaran pembaca. Untuk penulis berita biasanya menggunakan piramida terbalik agar pembaca segera mengetahui masalah peristiwa yang terpenting.
c.       Gaya tulisan:
Sejak zaman dulu, 1930-an para wartawan senantiasa berusaha membuat tulisan yang lain daripada yang biasa. Maka bermunculan istilah penulisan jurnalistik, ada yang disebut interpretative reporting, investigative reporting, precision journalism, gonzo journalism, new journalism, etc.
Dengan menggayakan tulisan dimaksudkan untuk:
1.      Memperjelas:
Suatu pernyataan atau pendapat akan lebih jelas damn lebih tergambar bagi pembaca bila kita menyertakan ilustrasi, contoh, perbandingan, bukti, atau keterangan pendukung lainnya.
2.      Mendiskripsikan:
Pada tulisan yang bersifat liputan hendaknya deskripsi tidak dilupakan. Pemaparan suatu keadaan, situasi, benda, orang atau lainnya akan membawa pembaca seakan ikut melijhat, merasakan, mendengarkan apa-apa yang ada ditulisan.
3.      Mempermanis:
Mempermanis adalah upaya untuk membuat kalimat tidak hambar seperti air tawar, tidak kesat seperti salak mentah dll. Kalimat dibuat menjadi berdaya getar dan indah berwarna-warni sesuai dengan apa yang ingin kita ceritaka atau kita beritahukan ke pembaca atau orang lain.

Contoh kalimat bergaya:
a.       Istana adalah penjara terindah di dunia.
b.      Semua orang ingin panjang umur, tetapi tak seorang pun ingin menjadi tua.
c.       Mereka riuh, berjingkrak-jingkrak dan berteriak-teriak seperti Indian sedang perang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar