Halaman

Rabu, 06 Juni 2012

Kepiawaian dalam Menyusun Tulisan


Kualitas tulisan ditentukan oleh teknik menulis. Maka dari itu seorang penulis harus mempunyai teknik menulis yang baik jika ingin kualitas tulisannya disenangi dan bahkan dipercaya banyak orang. Di dalalm teknik menulis terdapat yang namanya kepiawaian menulis yang dilakukan oleh seorang penulis. Namun, kepiawaian menyusun tulisan ditentukan oleh hal-hal berikut ini:
a.      Motivasi:
Motivasi menulis sangat bermacam-macam, menyalurkan aspirasi, agar tenar, untuk meninggalkan warisan bagi keturunannya dll.
b.      Persyaratan:
Persyaratan untuk menjadi seorang penulis antara lain mempunyai ketertarika pada keadaan sekeliling, mencintai bahasa, dapat dipercaya, kritis, ggih dan bersahabat.
c.       Tujuan:
1.      Menyampaikan informasi.
2.      Memperluas wawasan dan pengetahuan pembaca.
3.      Menyalurkan aspirasi, kata hati, pendapat dll.
4.      Melakukan kontrol sosial.
d.      Cara mencapai tujuan:
1.  Eksposisi: menjelaskan, membeberkan, menerangkan. Tujuan utamanya memberitahukan atau memberi informasi mengenai objek tertentu. Dengan informasi tersebut pandangan atau pengetahuan pembaca bertambah.
2.      Argumentasi: menyakinkan orang lain dengan disertai bukti atau alasan yang kuat.
3.      Deskripsi: menggambarkan, memaparkan, menjelaskan dengan kaqta-kata secara jelas dan rinci.
4.      Narasi: menuturkan, menceritakan atau mengisahkan.
e.       Jenis tulisan:
Dalam tulisan ilmiah berupa sekripsi, disertasi dll. Dalam sastra ada puisi, cerita pendek, novel dll. Dalam jurnalis ada berita, feature, opini dll.
f.       Struktur penulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar