Halaman

Rabu, 06 Juni 2012

Membuat Ide Tulisan yang Baik


Ide berasal dari bahasa Latin idein (melihat). Akan tetapi, sumber ide bukan hanya berasal dari penglihata. Kita dapat memperoleh ide dari indera lainya, seperti pendengaran, penciuman, perasa, peraba dan semua itu harus dilengkapi dengan pemikiran.
Ide harus dirancang menjadi ide yang baik yang ditentuka oleh:
a.      Orisialitas:
Orisinal berasal dari bahasa Latin origo (timbul) dan iginis dapat dilihat. Orisinal dipadankan dengan asli, tulen atau murni. Ide orisinal merupakan gagasan buah pemikiran sendiri, bukan tiruan atau jiplakan dari pemikiran orang lain.
b.      Berdampak:
Suatu ide dapat menggugah kesadaran masyarakat atau mempengaruhi pendapat umum kaena mereka mempercayai kebearan yang terkandug dalam ide tersebut.
c.       Unik:
Karya tulis yang dibuatnya beda daripada yang lain.
d.      Baru:
Sesuatu yang baru dan tapil beda biasanya menarik perhatian orang lain.
e.       Bemanfaat:
Dapat berupa rubric konsultasi, tip, ilmu dan teknologi, tulisan informative dan masih banyak lagi.
Ide yang orisinal,unik, yang berdampak dll belumlah menjamin keberhasilan suatu tulisan. Hal itu dikarenakan untuk menembus ide pada pikiran orang lain harus diolah sebaik mungkin terlenih dahulu agar ereka dapat menerimanya. Hal-hal tersebut antara lain:
1.      Harus ada acuan, yaitu informasi awal.
2.      Tema harus dipertajam menjadi topic sehingga runcing megena pada sasaran.
3.      Memilih angel yaitu sudut pandang. Bisa dilihat dari segi umur atau usia, pekerjaan atau profesi, tempat, jenis kelamin dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar